Selasa, 26 Maret 2013

Langkah dalam pemesanan undangan murah



undangan murah

Okey… sekarang kita sudah tahu cara agar undangan bisa dibuat sedemikaian rupa sehingga terlihat bagus dan harga sesuai dengan budget kita…. Kalau belum cocok atau belum bisa menyatukan hal tersebut berarti... ??  silahkan membaca postingan saya dari awal hingga postingan sebelumnya, semoga dengan membaca detail akhirnya bisa menyatukan konsep tersebut diatas…..

Bila sudah siap dalam memesan undangan kita lanjut kedalam tahapan berikut ini :

  1. Siapkan data-data lengkap yang dibutuhkan dalam secarik kertas, yang terdiri dari :

-          Nama lengkap calon mempelai wanita
-          Nama lengkap  calon mempelai pria
-          Nama panggilan untuk mempelai wanita dan pria
-          Nama lengkap orangtua calon mempelai wanita dan pria
-          Hari, tanggal, waktu, alamat diadakannya acara akad/sakramen/pemberkatan nikah
-          Hari, tanggal, waktu, alamat diadakannya acara resepsi
-          Narasi undangan atau tambahan puisi, saduran ayat atau kalimat yang diinginkan yang akan di cetak pada undangan tersebut. Bila tidak punya sendiri biasanya vendor sudah mempunyai template yang siap digunakan, jadi kita bisa tinggal pilih mana yang sesuai dengan yang kita inginkan.
-          Siapkan foto bila ingin di cantumkan pada undangan, dengan file berbentuk *.JPG atau *.Tiff yang berukuran besar sehingga nanti bila dicetak gambar tidak terlihat pecah.

  1. Dengan asumsi kita sudah deal model undangan dan harga, maka mulailah mengatur bagian perbagian isi undangan mulai dari pemilihan warna, pengaturan jenis font yang digunakan, design tampilan depan, design isian, hingga design tampilan belakang undangan. Disini kita bisa mencontoh sama persis dengan contoh yang ada atau kita bisa merubah sesuai dengan selera kita design yang sudah ada, tapi tidak merubah spesifikasi yang bisa mempengaruhi harga loh…..
  2. Tanyakan dengan detail semua hal tentang cetak undangan yang belum jelas, sehingga tidak ada ganjalan di hati. Misal tentang kapan design siap dikirimkan untuk di approval, cara approval melalui Email atau melalui print out, cara merevisi design, waktu pengerjaan, apakah bisa dikirimkan ke alamat pemesan bila sudah selesai, juga apakah bisa disiapkan dummy undangan atau tidak. Sebagai info, Dummy adalah contoh jadi undangan yang belum sempurna. Dimana ukuran dummy tersebut, pemakaian kertas serta isian kalimat adalah sama sesuai dengan apa yang kita pesan, namun untuk aksesoris seperti hotprint, embossed, potongan motif, laminating, dll belum sempurna. Tapi dummy bisa sedikit mewakili bagaimana kah hasil jadi undangan yang kita pesan nantinya. Untuk dummy biasanya si Vendor akan mengenakan charge tambahan harga kepada konsumen. Saran saya sebaiknya dummy tidak perlu dibuat sehingga kita tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk pembuatan dummy, karena sebenarnya layout komputer sudah mewakili tampilan pada undangan… kan kita sudah deal nantinya undangan akan sama dari jenis kertas, ukuran serta aksesoris yang akan digunakan seperti contoh atau model yang sudah disepakati…Vendor yang profesional pasti akan menjaga hal ini agar customer tidak di rugikan.
  3. Jika semua sudah oke, mulailah pembayaran uang muka yang disertai menerimaan tanda terima pemesanan dari si Vendor. Dimana tanda terima tersebut tertera mengenai model undangan, ukuran undangan, jenis kertas, aksesoris yang digunakan, dan bonus-bonus seperti plastik bening, kartu ucapan terima kasih, dan label sticker.
  4. Setelah itu silahkan tunggu approval design atau dummy undangan yang akan dikirimkan oleh si Vendor . Bila sudah diterima,  jangan menunda nunda memeriksa dan merevisi design yang mungkin ada kesalahan pengetikan, penempatan kalimat, atau motif design dari designer.  Setelah itu kirimkan kembali kepada di Vendor agar design dirubah sesuai dengan revisi dari kita. Kegiatan approval ini berlanjut terus hingga tidak ada lagi kesalahan dalam layout design undangan kita.
  5. Setelah final design, dimana tidak ada perubahan lagi pada layout design, maka si Vendor akan mulai proses cetak undangan. Bila sudah mulai proses cetak,  layout undangan tidak akan bisa kita rubah lagi, sehingga nanti jadinya akan mirip seperti final design yang kita sudah approve sebelumnya. Karena biasanya calon pengantin ada saja yang  kelupaan satu hal, maka dari itu jangan sampai lupa dan perlu kejelian yah pada saat approval....
  6. Undangan selesai dicetak dan finishing siap diambil atau dikirimkan. Pada saat  undangan selesai, sebaiknya kita memeriksa hasil cetak undangan dengan seksama mulai dari jumlah jadi undangan, ukuran, pewarnaan, jenis kertas, jenis font, aksesoris yang digunakan apakah sama seperti yang sudah disepakati sebelumnya, bila ada yang kurang bisa ditanyakan langsung ke vendor dan pasti akan ada solusi yang di tempuh agar tidak ada yang dirugikan.
  7. Undangan siap di distribusikan…
Beberapa langkah ini hanya sebagai gambaran garis besar dalam hal pemesanan undangan, dan tentunya masih banyak situasi lainnya yang tidak dapat tuliskan pada posting  ini. Karena pengalaman sesorang pasti akan berbeda-beda dalam pemesanan undangan, juga antara vendor yang satu dengan lainnya juga pasti akan berbeda prosedur dalam hal pemesanan undangannya...... so.... jangan dibuat acuan pasti yah....
Masih berlanjut postingan berikutnya yah….. yaitu tentang “Apa saja sih yang akan diterangkan oleh si Vendor kepada customer dalam pembuatan undangannya……”

Difidi Production
Jl. Percetakan Negara Raya No. D688
Jakarta Pusat
Phone. 0821.1191.0526
Pin BB. 32D1FE0A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar