Kamis, 14 Maret 2013

Lanjutan untuk para calon pengantin yang masih hunting kartu undangan…

undangan murah


Lanjutan untuk para calon pengantin yang masih hunting kartu undangan…

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kita harus tahu apa sih kriteria undangan Formal dan Informal itu…??

Undangan formal adalah undangan yang  terdiri dari isian undangan dengan narasi sopan dan santun lengkap dengan nama para pengundang , memakai amplop, di hiasi aksesoris tulisan emas serta huruf atau motif timbul yang membuat undangan tersebut menjadi elegan, juga berukuran lumayan besar. Contohnya kebanyakan adalah undangan dengan model hardcover seperti gambar dibawah ini:


Kalau undangan informal biasanya dibuat secara sederhana, tapi tetap isian undangannya dengan narasi sopan dan santun lengkap dengan nama pengundang, dicetak standar tanpa amplop, dengan ukuran dan aksesoris secukupnya. Contohnya adalah kebanyakan  undangan model  softcover seperti gambar dibawah ini ;


Namun tidak jarang pula undangan model softcover dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi undangan formal dan kebalikannya undangan model hardcover dibuat simple dan sederhana. Contohnya seperti dibawah ini ;



Untuk menyatukan konsep kartu undangan Formal dan Informal juga meyatukan perkataan orang bijak dan orang hemat dalam pembuatan kartu undangan, ada faktor terpenting yang harus kita ketahui bersama yang dapat sangat menentukan apakah konsep tersebut sudah tergabung menjadi satu atau belum… faktor itu adalah selera atau persepsi tentang sebuah kartu undangan itu sendiri dari masing-masih personal dan Budget (anggaran) yang dimiliki dalam pembuatan undangan.

Melihat dari contoh gambar diatas, tentu tiap-tiap orang akan menilai dengan selera dan persepsi yang berbeda-beda. Ada yang bilang undangan hardcover tersebut informal, ada yang bilang formal.. semuanya itu tergantung dari selera dan persepsi masing –masing…

Mengapa demikian?? karena selera atau persepsi orang tentu berbeda-beda antara yang satu dengan lainnya dalam menilai satu buah contoh undangan, namun kita bisa mengambil satu garis besar yang mencakup seluruhnya dengan mempertimbangkan saran dari orang yang lebih berpengalaman dalam hal ini, yaitu seorang vendor undangan (Penyedia jasa cetak undangan).

Ada pertanyaan… “ jadi kita sulit dong menentukan undangan itu disebut Formal atau Informal, kan kita tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang itu?? ” jawabannya “ tidak sulit… ” karena Vendor undangan biasanya akan memberikan saran pada salah satu contoh apabila kita mencari undangan dengan konsep Formal, karena contoh tersebut tentu  sudah banyak dipakai orang untuk undangan dengan konsep Formal…. mudah bukan…. saran saya jangan bingung, berikan saja kepercayaan lebih pada vendor undangan.

Satu lagi faktor yang berperan penting dalam menyatukan konsep sebuah undangan Formal dan Informal adalah Budget, karena sudah ada platform harga dari tiap-tiap model undangan walaupun asalnya dari vendor undangan yang berbeda beda. Misalkan kita tanya kepada si Vendor 1, undangan model hardcover dengan ukuran dan aksesoris yang telah ditentukan dengan pemesanan jumlah standar, harganya adalah kisaran A ribu, dan kita Tanya pada Vendor 2 dengan contoh yang sama harganya adalah kisaran A+ ribu, vendor 3 dengan contoh yang sama pula harganya A++ribu, kesemuanya masih dikisaran harga A ribu atau dengan kata lain tidak akan terpaut jauh dengan A ribu. Pastinya tidak ada vendor yang bisa memberikan harga minus A ribu, Mengapa demikian?? Karena harga material kertas, operasional cetak, serta finishing sebuah undangan semuanya adalah sama di satu daerah misal di kota Jakarta ini…. yang membedakan hanya harga jual eceran terendah dan tertinggi yang di berikan oleh tiap-tiap vendor undangan kepada konsumen atau calon pengantin….

Dengan melihat contoh harga diatas tentunya kita tidak dapat memaksakan diri akan bisa mendapatkan sebuah undangan yang Formal nan elegan dengan budget yang minim, karena sudah ada platform harga dari tiap-tiap model undangan walaupun asalnya dari vendor undangan yang berbeda beda. Jadi mau tidak mau kita harus sadar diri dalam pemilihan sebuah undangan dengan mempertimbangkan selera atau persepsi dibatasi oleh Budget yang dimiliki….

“ Nah sekarang sulit dong meyatukan konsep tersebut…?? “
Jawabannya… “ Tentu tidak dong, kan kita sudah sadar diri dalam memilih sebuah undangan sesuai selera dibatasi Budget yang dimiliki….. benar kan….. “ 
Yang jadi PR kita sekarang bagaimana trik nya agar undangan bisa  mencapai kedua konsep tersebut atau minimal mendekati lah harganya dengan budget yang kita miliki….. mau tau?? 

Tunggu postingan selanjutnya ….. 

Difidi Production
Jl. Percetakan Negara Raya No. D688
Jakarta Pusat
Phone. 0821.1191.0526
Pin BB. 32D1FE0A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar