Sabtu, 16 Maret 2013

Lajutan lagi dan lagi untuk calon pengantin yang masih hunting kartu undangan



undangan murah

Lanjutan lagi dan lagi untuk para calon pengantin yang masih hunting kartu undangan…

Okey… kita semakin dekat ke arah penyatuan konsep Formal dan Informal juga penyatuan perkataan orang bijak dan orang hemat.

Tapi sabar…. Sekarang kita harus tahu dulu dari mana sih harga sebuah undangan di dapatkan…??

Harga sebuah kartu undangan di tentukan oleh beberapa faktor diantaranya
-          Model undangan itu sendiri
Yaitu softcover ready design, softcover custom single board ready design dan custom, hardcover ready design atau hardcover custom

-          Jumlah banyaknya pemesanan
Kebanyakan orang memesan sejumlah 500pcs undangan, jumlah ini adalah standar. Namun tidak jarang hanya ada yang memesan 50pcs – 300pcs saja, juga kebalikannya bahkan ada yang memesan 1000pcs - 2000pcs hingga lebih

-          Ukuran jadi undangan
Untuk ukuran panjang kali lebar, besar atau kecil sangat berpengaruh pada banyaknya material kertas yang dibutuhkan untuk pembuatan keseluruhan undangan. Tentunya undangan yang berukuran besar akan sangat banyak membutuhkan material kertas dibandingkan dengan undangan yang  berukuran kecil

-          Jenis kertas
Bermacam-macam jenis kertas yang bisa dipakai sebagai bahan material pembuatan undangan, diantaranya kertas Jasmin, Fancy, Linen, BW, Hammer, Hawaii, Art carton, dll. Kertas juga ada grade kualitasnya dengan harga yang berbeda, grade tersebut digolongkan menjadi dua yaitu lokal dan impor. Harga kertas grade impor tentunya lebih mahal sekitar 1,5 kali hingga 2 kali lipat hingga 3 kali lipat dibanding harga kertas lokal

-          Pemakaian warna cetak
Kebayakan undangan memakai pewarnaan dengan tehnik one color atau satu warna gradasi sephia, namun agar terlihat lebih bagus terutama untuk undangan yang memakai foto prewedding akan menggunakan tehnik pewarnaan full color agar dapat terlihat nyata. Perbandingan harganya sangat signifikan sekali, lebih mahal full color dibandingkan one color atau satu warna, karena pemakaian dalam mencetak undangan  full color memakai 4 platting dan satu warna memakai satu platting.
-          Penggunaan Aksesoris pada undangan yang terdiri dari :
a.        Amplop full
Biasanya berukuran sepertiga bagian, setengah bagian atau seperempat bagian atau full menutup undangan. 

b.      Hotprint emas / perak
Merupakan tehnik pewarnaan suatu motif atau teks dimana terlihat mengkilap berwarna emas atau perak yang terbuat dari alumunium foil. Karena ongkos produksi tehnik hotprint terhitung per centimeter sehingga kebanyakan orang akan menggunakan tehnik ini dikhususkan hanya untuk nama mempelai atau inisial nama. Tapi banyak pula dipakai sebagai penghias motif pada cover undangan terutama pada undangan hardcover agar terlihat lebih ekslusif.

c.       Embossed
Embossed merupakan tehnik penonjolan atau penimbulan kertas suatu font atau motif agar terlihat lebih nyata ketika diraba. Dengan hasil yang bagus dan ekslusif, tehnik embossed banyak digunakan untuk undangan Formal model hardcover dan banyak pula digunakan untuk model Formal softcover. Biasanya tehnik embossed agar terlihat lebih elegan serta ekslusif akan dipadukan dengan tehnik hotprint emas atau perak.

d.      Laminating / lapisan plastik
Laminating dibutuhkan pada undangan apabila kita menggunakan material kertas jenis Artcarton. Agar terlihat sempurna dan elegan, setiap undangan yang menggunakan kertas tersebut selalu di laminating, atapi untuk menghemat biaya ada juga yang tidak menggunakan laminating. Jenisnya sendiri ada beberapa yaitu laminating Doff, Glossy, dan Vernish UV, Hologram, dll. Ongkos produksinya sendiri lumayan cukup mahal karena dihitung per centimeter media kertas undangan.

e.      Pita
Pita dibutuhkan sebagai pemanis undangan, biasanya dipakaikan pada undangan dengan model hardcover, namun tidak jarang pula dipakai pada model softcover dengan cara menempelkan sebuah simpul pita pada bagian cover undangan.

f.        Extension
Yang dimaksud di sini, biasanya undangan unik akan memakai sebuah extension, di antaranya extension kertas tebal sebagai efek 3 demensi, pemakainan kertas kalkir sebagai efek bayangan, pemakaian karton emas sebagai kartu penukaran atau tanda datang, pemakaian box mika, pemakaian kayu penggulung, dll

-          Tehnik penggunakan mesin cetak
Salah satu faktor yang mempengaruhi harga adalah tehnik pemakaian mesin cetak. Mesin cetak terdiri dari mesin kecil, menengah dan mesin besar dengan harga yang berbeda, lebih mahal memakai mesin cetak besar dibanding dengan memakai mesin cetak menengah dan kecil. Untuk kualitas pencetakan tentu mesin menengah dan mesin besar adalah yang bagus punya dibandingkan dengan hasil cetakan mesin kecil, terutama untuk pencetakan raster atau sephia. Selain itu penggunaan mesin CPC atau biasa sebutan untuk mesin digital offset printing akan menghasilkan pewarnaan yang berkualitas dibandingkan dengan mesin offset manual. karena warna mudah diatur disesuaikan dengan design dari kamputer, tentunya ongkos produksinya lebih mahal dibanding memakai mesin manual.

-          Finishing undangan
Yang dimaksud dengan finishing undangan disini adalah proses pengeleman, penyusunan, dan penjilidan sebuah undangan. Biasanya yang butuh di finishing adalah undangan model hardcover, undangan model kalender meja, undangan model gulung, dll. Ongkos finishing dinilai dari tingkat kerumitan proses finishing undangan itu sendiri, jadi apabila kita memesan undangan dengan model unik yang membutuhkan pengeleman atau penyusunan yang rumit maka akan kita dapatkan dengan harga yang lumayan mahal.

Okey……. sekarang sudah tau kan dari mana harga undangan itu didapat...

Biasanya calon pengantin yang sedang hunting kartu undangan akan menemukan kondisi seperti dibawah ini :
-           Kebingungan karena dengan membawa satu contoh undangan dan ditanyakan ke vendor A, vendor B, vendor C sampai vendor lainnya kenapa harganya berbeda-beda yah….?? Padahal kan cuma satu contoh yang sama hanya hanya lain vendor saja tapi kenapa harga ikut beda….
Jawabannya….  Ongkos produksi sama, karena harga material kertas dan lain-lain semua sama di tiap daerahnya missal di Jakarta ini . Tapi yang membedakan adalah harga eceran terendah dan harga eceran tertinggi yang diberikan oleh para vendor kepada calon pengantin. Maka dari itu harga bisa berbeda-beda dari tiap vendornya.

-          Kenapa ada yang memberikan harga murah dan ada yang memberikan harga mahal namun tidak terlampau jauh bedanya, walaupun mengacu pada satu contoh undangan yang sama.. kenapa bisa begitu yah?  
Jawabannya…. Tehnik penghitungan sebuah contoh undangan dipengaruhi oleh pengalaman si Vendor itu sendiri. Terkadang Vendor ada yang hanya mengira-ngira ada pula yang menghitung secara detail dan presisi menggunakan penghitungan komputer.  Biasanya harga terendah bisa didapatkan apabila si vendor menghitung dengan presisi contoh undangan tersebut mengunakan komputer atau coret-coretan penghitungan diatas kertas.

-          Ada lagi pengalaman mengacu pada contoh undangan punya teman. Ketika ditanya kepada teman yang sudah pernah membuat undangan itu  harga yang didapat sangat murah dibandingkan waktu ditanyakan oleh calon pengantin sendiri kepada vendor ternyata harganya sangat mahal….
Jawabannya … Apakah sama jumlah pemesanan teman dengan recana yang kita pesan? Karena pemesanan 1000pcs dengan 500pcs akan berbeda harga satuan yang didapat.  Pada waktu kapan teman memesan undangan tersebut? Apakah sudah lama sekali atau masih baru?  karena harga material kertas fluktuatif tidak stabil kebanyakan naik terus per lembarnya. Apakah teman hanya memakai satu naskah undangan dan apakah kita pakai berapa naskah? Karena ini akan menentukan pemakaian platting di mesin offset dan ini berpengaruh juga pada harga. Apakah teman mendapatkan bonus kartu ucapan, label sticker, plastik bening undangan, dan free design? Karena terkadang vendor memberikan harga yang dibawah tapi belum termasuk ongkos design, kartu ucapan, plastik dan label sticker. Sedangkan harga yang kita tanyakan sudah termasuk semua bonus… Jadi pilih yang mana…..?

-          Terkadang kita ingin sedikit memodifikasi contoh undangan punya teman agar terlihat berbeda dari yang punya teman tapi kok harganya jadi mahal sekali...
Jawabannya…. Apabila kita merubah konstruksi design maka harga otomatis berubah karena biasanya designer telah membuat sebuah undangan dengan sangat proposional agar efektif pemakaian material kertasnya, pemakaian mesin cetak dan lainya. Sehingga bila kita merubah walaupun sedikit saja maka konstruksi proposional itu akan mengalami perubahan juga sehingga harga juga ikut berubah. Jadi sebaiknya jangan merubah sedikit pun, kalaupun ingin merubah maka minta lah saran kepada orang yang lebih berpengalaman yaitu si Vendor undangan… seperti postingan sebelumnya, berikan kepercayaan lebih kepada Vendor undangan itu sangat berguna…

-          Kenapa hasil cetakan undangan pada Vendor A lebih bagus dibandingkan dengan Vendor B
Jawabannya… terkadang Vendor undangan tidak menghandle secara keseluruhan proses produksi undangan dari awal hingga selesai, sehingga kualitas produksi undangan tidak terjaga. Mungkin karena si Vendor tidak mempunyai tenaga ahli dibidang produksi undangan.  Mulai dari design sudah mengoper ke tenaga design freelance, mencetak memakai mesin bersama, serta finishing pengeleman memakai jasa pengeleman masal.  Jadi posisi si Vendor hanya sebagai marketing saja dan kegiatan yang dilakukan hanya sebatas approval, itu pun selalu memakan waktu yang cukup lama. Saran dari saya sebaiknya pilihlah Vendor yang menghandle secara keseluruhan proses produksi undangan, dengan ciri khas selalu fast respon pada suatu project undangan. Misal dalam hal approval hanya memakan waktu hitungan jam saja jeda antara tiap-tiap revisi design, bukannya hitungan hari missal hari ini dikirim revisi setelah dua atau tiga hari lagi baru jadi approvalnya lalu dikirimkan ke kita. Biasanya ciri ini sebagai penanda kalau Vendor tersebut hanya sebagai marketing saja. Tapi jangan salah persepsi…. banyak pula karena kepadatan project si Vendor jadi molor- molor terus kerjanya… he he he

Masih banyak lagi pengalaman yang tidak dapat saya tuliskan disini… tapi kalau ada kesempatan pertemuan akan saya beberkan secara langsung….

Akhirnya tinggal satu langkah lagi kita bisa menyatukan konsep Formal dan Informal juga penyatuan perkataan orang bijak dan orang hemat.

Silahkan ditunggu yah... posting selanjutnya…….

Difidi Production
Jl. Percetakan Negara Raya No D688
Jakarta Pusat
Phone. 0821.1191.0526
Pin BB. 32D1FE0A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar