Apa saja
sih yang akan diterangkan oleh si Vendor kepada customer dalam pembuatan
undangan murah nya….
Setiap Vendor undangan selalu berbeda-beda dalam memberikan
keterang kepada customer mengenai cetak undangan pernikahan, namun secara garis
besar ada beberapa hal sebagai berikut :
- Vendor akan memberikan saran yang terbaik kepada customer.
Mulai dari pemilihan model undangan, design, pemilihan jenis
kertas, pemakaian aksesoris pada undangan seperti amplop, hot print, embossed,
pita, finishing laminating, serta extension yang akan digunakan, dll.
- Vendor akan menerangkan kan jadwal pembuatan undangan.
Setelah customer memberikan data-data yang diperlukan, maka
vendor akan memberikan keterangan jadwal kapan setting design siap di periksa
oleh customer, jangka waktu produksi hingga finishing, walaupun jangka waktu
tersebut hanya perkiraan dan terkadang meleset di karena mungkin padatnya job
order mesin cetak maupun force majeur walaupun sangat jarang terjadi seperti
keterbatasan jumlah stock material kertas, pemadaman listrik, bencana alam dan lain-lain.
Ada juga pernah terjadi misalkan si vendor mendapat kan job order lebih dari
satu dalam kurun waktu yang bersamaan dimana setiap customer pada saat yang hampir
bersamaan pula melakukan approval, lalu salah
satu customer sudah siap final approval disusul kemudian customer kedua juga
sudah final approval, maka dalam kondisi seperti ini si Vendor akan melihat
urgensi waktu pelaksanaan acara dari setiap customer tersebut. Dimana tanggal
acara yang sudah mepet pasti akan di prioritaskan oleh sang Vendor, tapi bukan
berarti yang masih lama acaranya di anak tirikan ya…. kita bisa request kepada
Vendor untuk dapat menyelesaikan secepatnya pembuatan undangan kita. Disinilah
negosiasi jangka waktu pembuatan undangan diperlukan agar semua sesuai dengan
rencana kita.
- Vendor akan memberi kesempatan kepada Customer untuk approval design.
Dalam hal ini setiap Vendor undangan akan memberikan
kebebasan kepada customer dalam approval / merevisi setiap design undangannya
hingga design tersebut menjadi final approval. Apabila sudah final, maka file atau layout
yang terakhir di approve akan digunakan oleh si Vendor untuk memproduksi
undangan kita. Apabila proses produksi sudah berjalan, maka kita tidak dapat
merubah sedikit pun design yang sudah final. Jadi bila ada kesalahan maka hasil
cetak akan salah juga, so…. kita harus menerima dengan lapang dada. Maka dari
itu ketelitian sangat diperlukan dalam proses approval design, dan saran saya
jangan terlalu terburu-buru mem finalkan design, pemeriksaan secara berulang-ulang
sangat-sangat di anjurkan.
Pengeprinan layout design pada selembar kertas juga sangat di
rekomendasikan karena secara visual pandangan kita dalam memeriksa design di layar
monitor komputer tentu berbeda akan lebih jelas bila kita melihat layout
design pada selembar kertas secara langsung.
Perlu di ingat juga yah…..walupun ada kebebasan
dalam hal approval tapi customer juga harus bisa memperhatikan waktu pelaksaan
acara, bila waktu telah mepet maka approval harus lebih dikonsentrasikan dengan
waktu yang singkat, kalau santai-santai saja nanti tidak terkejar loh waktu produksi
undangannnya….
Tidak sedikit pula Vendor undangan yang
memberikan batas waktu approval
atau batasan revisi, misal hanya boleh revisi maksimal sebanyak 2 kali, 3 kali
atau 4 kali juga memberikan batas waktu hanya 1 hari, 2 hari atau 4
hari. Nah… kalau ketemu Vendor yang seperti ini tergantung dari
anda–anda
sekalian, kalau saya pribadi pasti akan saya tinggalkan…. Kenapa seperti
itu? karena
customer ibaratnya adalah raja, jadi harus di servis dengan
sebaik-baiknya
bukannya malah di berikan tekanan sedemikian rupa yang hanya
menguntungkan pihak si
Vendor tapi sangat merugikan
customer. Customer pasti akan sangat terburu-buru dalam pemeriksaan
design, juga bila ada revisi yang kelewat tapi batas approvalnya sudah
habis, maka mau tidak mau design tetap tercetak akhirnya customer yang
akan menanggung kerugiannya. Biasanya
Vendor seperti ini adalah Vendor yang hanya sebagai marketing saja
seperti yang
pernah saya ulas pada posting sebelumnya.
- Vendor akan menerangkan tentang hasil produksi cetak undangan.
Hasil cetak undangan pasti akan di
buat sedemikian rupa oleh Vendor menyerupai contoh undangan yang dikehendaki atau
layout design final approval. Namun perlu
diketahui beberapa hal yang sangat penting yang dapat mempengaruhi kepuasan
kita sebagai customer setelah melihat
hasil cetak undangan kita, dilihat dari segi bukan kesalahan pihak customer
atau dari pihak Vendor melainkan karena faktor X dan ini hampir terjadi dalam semua proses pencetakan, diantaranya :
-
Ukuran undangan
Biasa ukuran undangan akan selip
sedikit dari ukuran yang di kehendaki. Misal contoh undangan yang kita mau
berukuran jadi 12 cm x 22 cm, namun hasilnya yang didapat ada yang berukuran
11,8 cm x 22,1 cm atau lainnya. Kenapa demikian? Karena pada saat proses
pemotongan kertas dalam jumlah banyak akan terjadi selip dalam ukuran akibat
dari pisau potong yang bergeser setelan mesinnya. Tapi hanya hitungan milimeter
yah….. Bila selip ukurannya jauh sekali missal sekitar 1 cm atau lebih, maka
tentu ini adalah kesalahan dari si Vendor..
-
Warna dasar kertas
Perlu diketahui, pada warna dasar
kertas seperti kertas jasmine, concorde,
hawaii atau lainnya, terkadang beda waktu akan beda pula warna yang dikeluarkan
oleh pabrikan kertas tersebut walaupun dengan warna yang sama dan dengan nama label
yang sama pula, tapi biasanya beda warnanya hanya sedikit sekitar 3 % - 5% naik
turun. Misal kertas jasmine krem pada
contoh undangan yang kita pilih adalah krem terang, dan stock yang ada
sekarang adalah kertas jasmine krem namun terlihat sedikit lebih coklat.
Hal ini biasa terjadi pada bidang percetakan, karena kesiapan kertas pada
Vendor undangan tergantung juga kesiapan stock kertas yang ada pada Vendor kertas.
Hal ini sering terjadi… so jangan kaget kalau warna kertas agak sedikit sekali
berbeda dengan contoh yang ada....
-
Warna design undangan
Pewarnaan design undangan hasil
cetaknya pasti akan naik turun sekitar 5 % - 10 % dibanding dengan contoh undangan
yang ada atau layout design final approval di komputer. Mengapa demikian? Karena
pencampuran warna di mesin cetak offset dilakukan secara manual oleh operator
mesin cetak mengacu pada contoh warna yang diinginkan. Dan untuk cetak sparasi atau full color tergantung dari pemisahan plating warna itu sendiri, maka dari itu untuk cetak full color pada
design nya dianjurkan memakai register warna yang sesuai, sehingga keluaran
warna pada mesin cetak mirip atau mendekati. Maka dari itu setiap proses cetak
suatu project dengan project lainnya
dalam kurun waktu tertentu maka hasil warnanya akan sedikit berbeda meskipun
mengacu pada contoh warna yang sama, kecuali adukan cat warna tertentu tersebut
masih disimpan oleh si Vendor guna project lainnya yang membutuhkan warna yang sama di lain waktu, namun hal ini
jarang terjadi karena adukan cat pasti akan mengering bila tidak digunakan lagi
dalam kurun waktu tertentu. Jadi mau tidak mau harus mencampur ulang cat sehingga
pasti hasilnya akan sedikit berbeda.
Maka dari itu saya jamin setiap Vendor
tidak akan berani berjanji akan warna hasil cetak sama persis dengan contoh
yang ada, dan paling hanya bisa berkata hasil cetak warna kurang lebih atau mirip saja. Tapi
bila beda warna sangat jauh sekali misalnya warna merah marun jadi warna merah
cabai terang…. maka customer wajib komplain kepada si Vendor, tapi bila masih sekitaran
5 % - 10 % naik turun dikarena faktor yang telah saya sebutkan diatas, misal merah
marun terlihat sedikit lebih hitam atau sedikti sekali lebih merah…. yah… itu adalah kenyataan yang ada, so kita
harus bisa berlapang dada…
-
Aksesoris yang digunakan pada undangan
Pita undangan, warna pita juga
sangat tergantung dari stock yang tersedia pada vendor pita itu sendiri. Walaupun
dengan sebutan warna yang sama seperti marun, namun terkadang warna yang kita
dapat tidak sama persis seperti contoh yang ada. Mungkin warna marun nya saat
ini terlihat sedikit lebih gelap atau
lebih terang. Hal ini diakibatkan dari pergantian stok pada vendor pita pada
saat waktu tertentu.
- Vendor akan memberi kabar saat proses pencetakan
Dalam hal ini setiap vendor undangan
profesional akan memberikan kabar status akan proses pencetakan undangan kepada
customer. Misal memberi kabar bahwa proses cetak telah selesai dan saat ini sedang
proses pengeringan, atau saat ini sedang
proses finishing pengelaman atau lainnya. Ini sangat penting dilakukan karena bukan
hanya mengenai proses pencetakan saja yang di kabarkan, namun apabila terjadi
suatu hal akan proses cetak juga harus dikabarkan sehingga dapat di putuskan
langkah yang terbaik antara customer dengan si Vendor secara cepat dan tepat.
Tidak jarang pula karena saking
padatnya jadwal, si Vendor tidak sempat dalam memberikan kabar terbaru proses
pencetakan, bila hal ini terjadi maka customer wajib memonitor si Vendor
terlebih dahulu.
Beberapa hal diatas tentu berbeda pula prosedur pelaksanaan
dan aplikasi nya antara vendor yang satu
dengan vendor lainnya, juga rata-rata sebutan ukuran persentase beda warna dan lainnya juga tentu berbeda-beda dan masih banyak lagi tentunya hal-hal lain yang tidak
dapat dijabarkan secara detail pada posting kali ini. Namun dengan harapan
sedikit manarik garis besar tentang beberapa hal yang akan di terangkan oleh
Vendor mengenai proses produksi undangan semoga dapat berguna bagi kita semua.
Semua tergantung dari diri anda sendiri
Silahkan hubungi :
Difidi Production
Jl. Percetakan Negara Raya No. D688
Jakarta Pusat
Phone. 0821.1191.0526
Pin BB. 32D1FE0A
Pin BB. 32D1FE0A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar